Kali ini Saya akAN berbagi tips SEPUTAR penyebab dinamo peNGeriNG MESIN CUCI YANG tidak mau berputar. Ada beberapa faktor YANG menyebabkAN sebuah MESIN CUCI 2 tabuNG saat meNGeriNGkAN tidak bekerja. Di ANtara penyebabNYA ADALAH sebagai berikut.
GuluNGAN dinamo rusak
Faktor YANG pertama meNGapa peNGeriNG MESIN CUCI tidak mau berjalAN ADALAH guluNGAN dinamo MESIN peNGeriNG SUDAH rusak atau terbakar. Untuk meNGetesNYA kita BISA melihat fisik dinamo. Jika terbakar BISA kita lihat pada guluNGANNYA meNGhitam di sudut guluNGAN tertentu DAN ada bau haNGus.
Jika guluNGAN dinamo tidak terbakar, muNGkin salah satu kawat lilitAN dinamo jalurNYA ada YANG putus. Untuk kasus ini, kita BISA meNGecekNYA deNGAN meNGgunakAN Avometer. CaraNYA, pilih atau arahkAN Avometer menunjukAN ke arah Ohm. Lalu pasaNGkAN dua kabel Avo warna merah DAN hitam untuk melakukakAN peNGetesAN. Namun cek dulu stik Avo deNGAN menempelkAN ANtara kedua stik tadi. PerhatikAN jarumNYA, jika jarum bergerak sampai titik nol, ITU berarti Avo siap untuk di pakai melakukAN peNGetesAN selANjutNYA.
Lalu sekaraNG perhatikAN kabel YANG terhubuNG ke dinamo peNGeriNG. Di sITU terDAPAT tiga kabel YANG warnaNYA berbeda. TANDAi DAN lalu putuskAN ketiga tigaNYA. Lalu kupas ujuNG kabel untuk melakukAN peNGetesAN. Setelah siap, coba tempelkAN stik avo meter ke salah satu kabel dinamo, DAN stik satuNYA tempelkAN ke kabel dinamo YANG lainNYA atau YANG berbeda warna, sambil memperhatikAN si jarum Avometer apakah dia bergerak atau tidak. Kalau jarum bergerak, ini artiNYA kawat lilitAN tidak ada YANG putus alias bagus. KemudiAN coba LAGI laNGkah tadi deNGAN variasi kabel YANG berbeda. MisalNYA di tepat DARI kabel A ke B, B ke C DAN C ke A. Jika NYAmbuNG atau bergerak semua, kemuNGkinAN lilitAN tidak putus tapi BISA juga ada guluNGAN YANG SUDAH lemah.
Jika laNGkah ITU meNGhasilkAN kesimpulAN bahwa kawat tidak ada YANG putus, coba ditest deNGAN cara satu stik Avo ke bagiAN besi body dinamo, DAN satu stik lainNYA hubuNGkAN ke salah satu kabel dinamo. UlaNGi untuk meNGecek ke ketiga kabel ABC.
Jika hasil peNGetesAN, jarum Avo tidak bergerak maka ITU berarti normal tak ada masalah, namun kalau jarumNYA terNYAta bergerak, maka BISA disimpulkAN bahwa dinamo rusak karena SUDAH kontak deNGAN body. Bila di coba maka body guluNGAN akAN nyetrum. Jika guluNGAN mati, maka mau ga mau harus gANti baru atau guluNG ulaNG dinamo tersebut di tukaNG service dinamo.
Kapasitor Rusak
Kapasitor YANG SUDAH rusak karena tua atau meledak, BISA jadi menjadi salah satu penyebab kenapa peNGeriNG MESIN CUCI ogah berputar. Ciri-ciriNYA saat peNGeriNG diaktifkAN maka haNYA muncul suara mendeNGuNG saja DAN MESIN tidak mau berputar. Satu-satuNYA cara YANG BISA ANDA lakukAN ADALAH meNGgANti kapasitor YANG rusak deNGAN kapasitor baru.
Kabel putus
Faktor selANjutNYA YANG menyebabkAN peNGeriNG MESIN CUCI tidak berputar ADALAH aDaNYA kabel YANG putus. Untuk ini ANDA BISA cek satu persatu kabel instalasi YANG terhubuNG ke dinamo peNGeriNGNYA. Ini biasaNYA terjadi karena kabel instalasi di gigit kecoa atau tikus. SolusiNYA ADALAH cari kabel YANG putus lalu sambuNG sesuai warna. Setelah ITU lakukAN perawatAN rutin, bila perlu pasaNG alat ANti tikus pada MESIN CUCI untuk meNGhinDARI kerusakAN berikutNYA.
Tali rem peNGeriNG putus
Selain akibat kabel putus, peNGeriNG MESIN CUCI tidak mau berputar BISA disebabkAN OLEH tali rem peNGeriNG YANG putus juga BISA membuat peNGeriNG tidak BISA berputar. SolusiNYA ADALAH tiNGgal tarik kawat seliNG rem sehiNGga terbuka, lalu coba putar meNGgunakAN taNGAN. Kalau DAPAT berputar deNGAN lANcar alias tidak seret, berarti masalah SUDAH terselesaikAN.
Switch tutup peNGeriNG rusak
Penyebab peNGeriNG MESIN CUCI tidak mau berputar lainNYA ADALAH karena switch pintu atau tutup MESIN CUCI tidak meNYAmbuNG. BiasaNYA switch SUDAH jamurAN atau putus sehiNGga arus listrik ke dinamo tidak meNGalir. Switch ini biasaNYA terletak pada sisi dekat eNGsel pintu atau tutup peNGeriNG MESIN CUCI 2 tabuNG. Jika putus, segera sambuNG, DAN jika kotor karena jamurAN, BISA ANDA bersihkAN plat tersebut meNGgunakAN amplas secara perlahAN.
Timer peNGeriNG rusak
Penyebab lainNYA ADALAH karena timer peNGeriNG SUDAH rusak. Untuk cara melihatNYA, gunakAN Avometer seperti penjelasAN di atas. Putar avometer lalu coba test kabel satu persatu, jika tidak meNYAmbuNG DAPAT dipastikAN timer peNGeriNG SUDAH rusak.
Posisi switch selektor salah
Penyebab lainNYA terkaDaNG di sebagiAN merk MESIN CUCI ada switch selektor. PerhatikAN switch selector jika pada posisi Wash, maka peNGeriNG tidak BISA di pergunakAN. Maka ubah ke Drain atau spin. Lalu coba NYAlakAN.
Artikel lainNYA YANG sekategori :
- peNGeriNG MESIN CUCI macet
- peNGeriNG MESIN CUCI berputar pelAN
- cara memperBAIKi peNGeriNG MESIN CUCI sharp
- peNGeriNG MESIN CUCI 1 tabuNG tidak berputar
- HARGA kapasitor peNGeriNG MESIN CUCI
- cara memperBAIKi peNGeriNG MESIN CUCI sANyo
- tali rem peNGeriNG MESIN CUCI
- cara memboNGkar MESIN CUCI 2 tabuNG
- cara melepas motor peNGeriNG MESIN CUCI
Sumber :
http://www.gatekno.net/kenapa-peNGeriNG-MESIN-CUCI-tidak-mau-berputar/
http://belajarelektronika.net/cara-memperBAIKi-peNGeriNG-MESIN-CUCI-tidak-mau-berputar/
GuluNGAN dinamo rusak
Faktor YANG pertama meNGapa peNGeriNG MESIN CUCI tidak mau berjalAN ADALAH guluNGAN dinamo MESIN peNGeriNG SUDAH rusak atau terbakar. Untuk meNGetesNYA kita BISA melihat fisik dinamo. Jika terbakar BISA kita lihat pada guluNGANNYA meNGhitam di sudut guluNGAN tertentu DAN ada bau haNGus.
Jika guluNGAN dinamo tidak terbakar, muNGkin salah satu kawat lilitAN dinamo jalurNYA ada YANG putus. Untuk kasus ini, kita BISA meNGecekNYA deNGAN meNGgunakAN Avometer. CaraNYA, pilih atau arahkAN Avometer menunjukAN ke arah Ohm. Lalu pasaNGkAN dua kabel Avo warna merah DAN hitam untuk melakukakAN peNGetesAN. Namun cek dulu stik Avo deNGAN menempelkAN ANtara kedua stik tadi. PerhatikAN jarumNYA, jika jarum bergerak sampai titik nol, ITU berarti Avo siap untuk di pakai melakukAN peNGetesAN selANjutNYA.
Lalu sekaraNG perhatikAN kabel YANG terhubuNG ke dinamo peNGeriNG. Di sITU terDAPAT tiga kabel YANG warnaNYA berbeda. TANDAi DAN lalu putuskAN ketiga tigaNYA. Lalu kupas ujuNG kabel untuk melakukAN peNGetesAN. Setelah siap, coba tempelkAN stik avo meter ke salah satu kabel dinamo, DAN stik satuNYA tempelkAN ke kabel dinamo YANG lainNYA atau YANG berbeda warna, sambil memperhatikAN si jarum Avometer apakah dia bergerak atau tidak. Kalau jarum bergerak, ini artiNYA kawat lilitAN tidak ada YANG putus alias bagus. KemudiAN coba LAGI laNGkah tadi deNGAN variasi kabel YANG berbeda. MisalNYA di tepat DARI kabel A ke B, B ke C DAN C ke A. Jika NYAmbuNG atau bergerak semua, kemuNGkinAN lilitAN tidak putus tapi BISA juga ada guluNGAN YANG SUDAH lemah.
Jika laNGkah ITU meNGhasilkAN kesimpulAN bahwa kawat tidak ada YANG putus, coba ditest deNGAN cara satu stik Avo ke bagiAN besi body dinamo, DAN satu stik lainNYA hubuNGkAN ke salah satu kabel dinamo. UlaNGi untuk meNGecek ke ketiga kabel ABC.
Jika hasil peNGetesAN, jarum Avo tidak bergerak maka ITU berarti normal tak ada masalah, namun kalau jarumNYA terNYAta bergerak, maka BISA disimpulkAN bahwa dinamo rusak karena SUDAH kontak deNGAN body. Bila di coba maka body guluNGAN akAN nyetrum. Jika guluNGAN mati, maka mau ga mau harus gANti baru atau guluNG ulaNG dinamo tersebut di tukaNG service dinamo.
Kapasitor Rusak
Kapasitor YANG SUDAH rusak karena tua atau meledak, BISA jadi menjadi salah satu penyebab kenapa peNGeriNG MESIN CUCI ogah berputar. Ciri-ciriNYA saat peNGeriNG diaktifkAN maka haNYA muncul suara mendeNGuNG saja DAN MESIN tidak mau berputar. Satu-satuNYA cara YANG BISA ANDA lakukAN ADALAH meNGgANti kapasitor YANG rusak deNGAN kapasitor baru.
Kabel putus
Faktor selANjutNYA YANG menyebabkAN peNGeriNG MESIN CUCI tidak berputar ADALAH aDaNYA kabel YANG putus. Untuk ini ANDA BISA cek satu persatu kabel instalasi YANG terhubuNG ke dinamo peNGeriNGNYA. Ini biasaNYA terjadi karena kabel instalasi di gigit kecoa atau tikus. SolusiNYA ADALAH cari kabel YANG putus lalu sambuNG sesuai warna. Setelah ITU lakukAN perawatAN rutin, bila perlu pasaNG alat ANti tikus pada MESIN CUCI untuk meNGhinDARI kerusakAN berikutNYA.
Tali rem peNGeriNG putus
Selain akibat kabel putus, peNGeriNG MESIN CUCI tidak mau berputar BISA disebabkAN OLEH tali rem peNGeriNG YANG putus juga BISA membuat peNGeriNG tidak BISA berputar. SolusiNYA ADALAH tiNGgal tarik kawat seliNG rem sehiNGga terbuka, lalu coba putar meNGgunakAN taNGAN. Kalau DAPAT berputar deNGAN lANcar alias tidak seret, berarti masalah SUDAH terselesaikAN.
Switch tutup peNGeriNG rusak
Penyebab peNGeriNG MESIN CUCI tidak mau berputar lainNYA ADALAH karena switch pintu atau tutup MESIN CUCI tidak meNYAmbuNG. BiasaNYA switch SUDAH jamurAN atau putus sehiNGga arus listrik ke dinamo tidak meNGalir. Switch ini biasaNYA terletak pada sisi dekat eNGsel pintu atau tutup peNGeriNG MESIN CUCI 2 tabuNG. Jika putus, segera sambuNG, DAN jika kotor karena jamurAN, BISA ANDA bersihkAN plat tersebut meNGgunakAN amplas secara perlahAN.
Timer peNGeriNG rusak
Penyebab lainNYA ADALAH karena timer peNGeriNG SUDAH rusak. Untuk cara melihatNYA, gunakAN Avometer seperti penjelasAN di atas. Putar avometer lalu coba test kabel satu persatu, jika tidak meNYAmbuNG DAPAT dipastikAN timer peNGeriNG SUDAH rusak.
Posisi switch selektor salah
Penyebab lainNYA terkaDaNG di sebagiAN merk MESIN CUCI ada switch selektor. PerhatikAN switch selector jika pada posisi Wash, maka peNGeriNG tidak BISA di pergunakAN. Maka ubah ke Drain atau spin. Lalu coba NYAlakAN.
Artikel lainNYA YANG sekategori :
- peNGeriNG MESIN CUCI macet
- peNGeriNG MESIN CUCI berputar pelAN
- cara memperBAIKi peNGeriNG MESIN CUCI sharp
- peNGeriNG MESIN CUCI 1 tabuNG tidak berputar
- HARGA kapasitor peNGeriNG MESIN CUCI
- cara memperBAIKi peNGeriNG MESIN CUCI sANyo
- tali rem peNGeriNG MESIN CUCI
- cara memboNGkar MESIN CUCI 2 tabuNG
- cara melepas motor peNGeriNG MESIN CUCI
Sumber :
http://www.gatekno.net/kenapa-peNGeriNG-MESIN-CUCI-tidak-mau-berputar/
http://belajarelektronika.net/cara-memperBAIKi-peNGeriNG-MESIN-CUCI-tidak-mau-berputar/
0 comments :
Post a Comment